Persoalan Pekerjaan Rumah Matematika milik anak kelas II SD di Semarang membuat sebagian besar pemilik akun media sosial berdebat. Mulai dari Ilmuwan sampai politisi pun mulai berpendapat terkait logika Matematika ini.
Banyak juga orang yang berpendapat bahwa 4+4+4+4+4+4 dalam perkalian menjadi 6 x 4 atau 4 x 6 sama saja. toh hasilnya sama saja, sama- sama 24. Sebagian yang lain menganggap itu sebagai bentuk kebebasan berfikir.
Namun pernyataan itu mungkin berbeda menurut Thomas Djamaluddin, seorang profesor astrofisika dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN). Dalam akun Facebooknya beliau mengatakan "Samakah 4 x 6 dan 6 x 4? Hasilnya sama, 24, tetapi logikanya berbeda".
lebih lanjut, Pak Thomas mengilustrasikan 4x6 dan 6x4 dalam soal cerita.
"Misalnya, Ahmad dan Ali harus memindahkant bata yang jumlahnya sama, 24. Karena Ahmad lebih kuat, ia membawa 6 bata sebanyak 4 kali, secara matematis ditulis 4 x 6. Tetapi Ali yang badannya lebih kecil, hanya mampu membawa 4 bata sebanyak 6 kali, model matematisnya 6 x 4."
Melalui kasus ini, sang Profesor mengajak kepada kita semua untuk menggunakan logika dalam hitungan matematika. " Matematika itu mengajarkan logika, bukan sekadar ilmu berhitung. Banyak orang ingin jalan pintas, yang penting tahu hasilnya. Itulah yang menjadikan generasi "kalkulator", yang malas menjadikan logika matematika untuk memudahkan kehidupan.
"Misalnya, Ahmad dan Ali harus memindahkant bata yang jumlahnya sama, 24. Karena Ahmad lebih kuat, ia membawa 6 bata sebanyak 4 kali, secara matematis ditulis 4 x 6. Tetapi Ali yang badannya lebih kecil, hanya mampu membawa 4 bata sebanyak 6 kali, model matematisnya 6 x 4."
Melalui kasus ini, sang Profesor mengajak kepada kita semua untuk menggunakan logika dalam hitungan matematika. " Matematika itu mengajarkan logika, bukan sekadar ilmu berhitung. Banyak orang ingin jalan pintas, yang penting tahu hasilnya. Itulah yang menjadikan generasi "kalkulator", yang malas menjadikan logika matematika untuk memudahkan kehidupan.
No comments:
Post a Comment